Gempa Dahsyat Guncang Taiwan Hari Ini, Runtuhkan Bangunan Hingga Ancam Tsunami


 Surabaya (beritajatim.com) – Sebuah gempa bumi dahsyat dengan kekuatan mencapai 7,2 SR mengguncang Taiwan pada Rabu (3/4/2024), meruntuhkan bangunan-bangunan di kota bagian selatan dan menciptakan ancaman tsunami yang melanda daratan di pulau-pulau selatan Jepang.

Dampak yang paling terlihat dari gempa ini adalah rusaknya bangunan tinggi, termasuk sebuah bangunan berlantai lima di Hualien yang rusak parah, dengan lantai pertamanya runtuh dan lantai lainnya miring pada sudut 45 derajat. Bahkan di ibukota, Taipei, ubin berjatuhan dari gedung-gedung tua serta di beberapa kompleks perkantoran.

Sebagai respon terhadap guncangan ini, layanan kereta api dihentikan di seluruh pulau dengan populasi mencapai 23 juta jiwa ini, begitu juga dengan layanan kereta bawah tanah Taipe. Namun, meskipun terjadi kekacauan sementara, keadaan di ibu kota segera kembali normal, dengan anak-anak berangkat sekolah dan aktivitas harian tampak berlangsung seperti biasa.

Menurut Badan Pemantau Gempa Bumi Taiwan, gempa ini memiliki kekuatan sebesar 7,2 SR, sementara Survei Geologi AS mencatat kekuatannya mencapai 7,4 SR. Gempa tersebut terjadi pada pukul 7:58 pagi sekitar 18 kilometer sebelah selatan-barat daya Hualien, dengan kedalaman sekitar 35 kilometer.

Efek gempa ini juga terasa jauh hingga ke Kinmen, sebuah pulau yang dikuasai Tiawan di lepas pantai Cina, dengan beberapa gempa susulan terasa di Taipei dalam satu jam setelah gempa pertama. Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGR) mencatat salah satu gempa susulan dengan kekuatan mencapai 6,5 SR dan kedalaman 11,8 kilometer.

Tidak hanya itu, ancaman tsunami juga menjadi sorotan setelah gempa ini terjadi. Badan Meteorologi Jepang memperkirakan tinggi gelombang tsunami hingga 3 meter untuk kelompok pulau Okinawa di Jepang Selatan, dengan gelombang setinggi 30 cm terdeteksi di pulau Yonaguni sekitar 15 menit setelah gempa terjadi.

Meskipun begitu, Pusat Peringatan Tsunami menegaskan bahwa tidak ada ancaman tsunami di Hawaii atau wilayah Pasifik AS di Guam.

Gempa ini merupakan salah satu yang terkuat melanda Taiwan dalam 25 tahun terakhir, mengingat pada tragedi gempa tahun 1999 yang menyebabkan kerusakan parah dan menewaskan ribuan orang. Taiwan, terletak di sepanjang “Cincin Api” Pasifik, sebuah garis patahan seismic yang mengelilingi Samudra Pasifik dimana sebagian besar gempa bumi di dunia terjadi. Dengan demikian, kehati-hatian dan kewaspadaan tetap ditekankan di wilayah tersebut. [aje]



SUMBERhttps://beritajatim.com/internasional/gempa-dahsyat-guncang-taiwan-hari-ini-runtuhkan-bangunan-hingga-ancam-tsunami/

Gempa Dahsyat Guncang Taiwan Hari Ini, Runtuhkan Bangunan Hingga Ancam Tsunami Gempa Dahsyat Guncang Taiwan Hari Ini, Runtuhkan Bangunan Hingga Ancam Tsunami Reviewed by WONGPASAR GROSIR MALANG on 08.37 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.