Viral Penceramah Blitar Telanjang Dada, Begini Respon MUI

 


Blitar (beritajatim.com) – Belakangan ini, masyarakat Kabupaten Blitar dihebohkan dengan viralnya penceramah yang telanjang dada. Diketahui sang penceramah tersebut adalah Ki Sudrun.

Kiai asal Blitar tersebut viral usai dirinya telanjang dada saat memberikan tausiah di sebuah acara. Sontak aksi tersebut mengundang banyak respon dari masyarakat.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Blitar pun tidak tinggal diam atas kejadian itu. MUI Kabupaten Blitar pun meminta agar Ki Sudrun bisa memberikan contoh yang baik ke masyarakat.

“Sebenarnya MUI tidak dalam kapasitas menilai atau menyikapi apa yang dilakukan oleh Ki Sudrun itu benar atau salah,” kata Jamil Mashadi, Sektretaris MUI Kabupaten Blitar, Senin (22/04/24).

MUI Kabupaten Blitar menegaskan bahwa yang dilakukan Ki Sudrun sebenarnya tidak menyalahi aturan agama. Secara fiqih, telanjang dada bagi laki-laki memang diperbolehkan, karema aurat dari pusat hingga lutut kaki.

Namun, demikian karena Ki Sudrun tinggal di Indonesia MUI kabupaten Blitar meminta agar sang kiai mempertimbangkan lagi soal kesopanan. Hal itu dilakukan agar tidak timbul gejolak di masyarakat.

“Kalau seperti itu kanjeng nabi senang atau tidak. Memang secara fiqih tidak salah tapi di Indonesia itu patut atau tidak,” tegasnya.

Sebelumnya dalam video yang diupload oleh akun tik-tok @gandrung_ilmu, tampak Ki Sudrun mengisi pengajian dengan telanjang dada. Ki Sudrun nampak seperti prajurit era kerajaan, karena bukan hanya telanjang dada namun rambutnya juga gondrong.

Saat ceramah, Ki Sudrun juga mengenakan tas yang bertali seperti tasbih besar. Dalam ceramah tersebut Kiai Sudrun juga menggenakan celana yang dikenakan berwarna putih. Saat mengaji, ia juga tampak mengenakan tas tersebut sambil duduk di lantai.

Dalam pengajian itu, tampak Ki Sudrun memaknai dan mentafsirkan Surat Al Fatihah dengan bahasa Jawa. Itu dilakukan diduga jemaah pengajiannya mayoritas warga Blitar yang paham betul tentang bahasa jawa, sehingga pengajian yang disampaikan pun berbahasa Jawa.

Dalam momen itu, Ki Sudrun mengatakan jika umat muslim sejatinya diminta menirukan tingkah laku para nabi dan rasul. “Jadi ternyata aku sampeyan iki mboten kok kon niru gusti Allah,” ungkap Ki Sudrun mengartikan lafadz ‘Sirotol ladzina an amta alaihim’.

Banyak netizen yang bertanya-tanya soal tampilan nyentrik sosok Ki Sudrun.

“Pake baju ceramahnya biar sopan,” @meifa*****.

“Aliran apa lagi se,” @bing*****.

Meski begitu ada juga beberapa netizen yang menyebut ceramah Ki Sudrun mudah dipahami.

“Tutur kasepuhan mantep banget enak diresapi, dihayati, neng ati,” @slam**.

“Luar biasa, pakaian yang penting syar’i, gak perlu berlebihan, penting ilmunya,” @Nur.******.

Usut punya usut, Ki Sudrun ini dikenal sebagai Dalang asal Blitar. Dia pernah nyantri di Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas, Jombang.

Ki Sudrun lahir pada 19 April 1970 dan kini berusia 54 tahun. Dia berasal dari Desa Krenceng, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar.

Selain menjadi dalang, ia juga kerap mengisi ceramah bersama Gamelan Terbang Seribu. Biasanya ceramahnya juga diselingi dengan selawat dan musik. [owi/aje]




SUMBERhttps://beritajatim.com/peristiwa/viral-penceramah-blitar-telanjang-dada-begini-respon-mui/

Viral Penceramah Blitar Telanjang Dada, Begini Respon MUI Viral Penceramah Blitar Telanjang Dada, Begini Respon MUI Reviewed by WONGPASAR GROSIR MALANG on 09.22 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.