Jelang Lebaran Ketupat Harga Daging Ayam Meroket di Sumenep

 


Sumenep (beritajatim.com) – Harga daging di pasar tradisional Sumenep menjelang lebaran ketupat, mendadak melambung alias meroket karena tingginya permintaan konsumen.

Untuk daging ayam kampung yang semula Rp 90.000 per kilogram, saat ini naik menjadi Rp 100.000 per kg. Bahkan beberapa pedagang menjual hingga Rp 120.000 karena permintaan tidak sebanding dengan stok.

“Hari ini orang-orang banyak yang cari ayam kampung utk masak ketupatan besok. Harga memang mahal untuk hari ini, karena besok lebaran ketupat,” kata salah satu penjual ayam di pasar Sumenep, Mardiyati, Selasa (16/04/2024).

Sedangkan harga daging ayam broiler Rp 45.000 per kg. Padahal di hari-hari biasa di luar lebaran, harga daging ayam broiler berkisar Rp 38.000 per kg. Sedangkan harga daging sapi relatif stabil, kisaran Rp 110.000 – 120.000 per kg.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sumenep, M. Ramli menjelaskan, kenaikan harga yang terjadi hari ini lebih disebabkan karena tingginya permintaan menjelang lebaran ketupat.

“Ya wajar saja, karena saat lebaran ketupat, di Sumenep sudah menjadi tradisi untuk menghidangkan menu spesial berbahan ayam dan daging. Karena itu, harganya naik. Tapi ini fenomena sementara. Setelah lebaran berlalu, harga akan kembali normal,” tukasnya.

Sementara komoditas lain yang juga mengalami kenaikan harga adalah bawang, baik bawang merah maupun bawang putih. Untuk bawang merah, harganya mencapai Rp 55.000 per kg. Padahal pekan lalu masih Rp 48.000 per kg. Sedangkan harga bawang putih pekan ini mencapai Rp 40.000 per kg, naik Rp 3.000 dibanding pekan lalu.

Untuk komoditas cabai, pekan ini justru mengalami penurunan harga. Cabai merah besar dibandrol dengan harga Rp 35.000 per kg, turun Rp 5.000 dibanding pekan lalu. Sedangkan harga cabai rawit pekan ini Rp 27.000 per kg, turun Rp 3.000 dibanding pekan lalu.

Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Perindustrian dan Perdagangan Sumenep secara rutin melakukan pemantauan harga sembako di Pasar Anom baru sebagai pasar induk, dan Pasar Bangkal sebagai pembanding. [tem/aje]




SUMBERhttps://beritajatim.com/ekbis/jelang-lebaran-ketupat-harga-daging-ayam-meroket-di-sumenep/

Jelang Lebaran Ketupat Harga Daging Ayam Meroket di Sumenep Jelang Lebaran Ketupat Harga Daging Ayam Meroket di Sumenep Reviewed by WONGPASAR GROSIR MALANG on 16.01 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.