Ribuan Ikan Mati di Pelabuhan Jangkar Situbondo

 


Situbondo (beritajatim.com) – Fenomena ikan mati tampak di Pelabuhan Jangkar, Situbondo. Keberadaan ikan mati ini mencuat setelah sejumlah foto dan video viral beredar di media sosial.

Salah satu ikan yang tampak mati dan menepi di pantai tersebut yakni ikan pelagis kecil. Ikan ini kerap melakukan migrasi dengan jumlah besar. Kelompoknya, di antaranya ikan layang, teri, kembung, dan lainnya.

Hari Jumat (29/3/2024), ikan pelagis kecil yang sedang berenang kepinggir pantai kemudian mati di tepi pantai tepatnya di pasir pinggiran sekitar Pantai wilayah Kecamatan Jangkar menjadi tontonan masyarakat.

“Fenomena adanya ikan pelagis kecil berenang ketepi pantai dan banyak ditemukan mati di pasir pinggir laut menjadi perbincangan warga,” ungkap Kasatpolairud Polres Situbondo AKP Gede Sukarmadiyasa, Jumat (29/3/2024).

AKP Gede meninjau langsung keberadaan ikan tersebut. Sehingga, ada kesimpulan awal penyebab matinya ribuan ikan itu oleh banyak faktor.

Di antaranya, karena suhu air laut, arus air laut dan juga angin kencang. Pasalnya, di daerah sisi timur Pelabuhan Jangkar itu sempat terjadi angin puting beliung.

“Dapat dimungkinkan angin puting beliung tersebut yang menjadi penyebab ikan pelagis kecil banyak yang mati dipinggiran pantai namun masih belum dapat dipastikan,” ungkapnya.Kasatpolairud AKP Gede Sukarmadiyasa mengimbau warga pesisir dan nelayan agar tetap waspada terhadap cuaca ekstrem ini. Pihaknya meminta tetap waspada dan tetap utamakan keselamatan diri masing-masing.

“Karena cuaca masih tidak menentu, diharapkan membawa alat keselamatan dan alat komunikasi untuk keamanan saat bekerja mencari ikan,” pungkasnya. [rin/but]



SUMBERhttps://beritajatim.com/peristiwa/ribuan-ikan-mati-di-pelabuhan-jangkar-situbondo/

Ribuan Ikan Mati di Pelabuhan Jangkar Situbondo Ribuan Ikan Mati di Pelabuhan Jangkar Situbondo Reviewed by WONGPASAR GROSIR MALANG on 08.41 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.