Kronologi Customer Tokopedia Beli iPhone 13 Isinya Batu, Komplain Ditolak Uang 11 Juta Terancam Raib

 


SURYAMALANG.COM, - Inilah kronologi customer Tokopedia beli iPhone 13 isinya batu dan komplain sempat ditolak oleh pengirim jasa (ekspedisi).

Alhasil, customer Tokopedia bernama Nayla itu terancam kehilangan uang Rp 11 juta sebab dana bisa saja diteruskan oleh e-commerce kepada Toko. 

Kendati begitu, pihak Tokopedia juga telah memberi tanggapan tentang masalah yang dialami Nayla. 

Public Affairs Senior Lead Tokopedia, Aditia Grasio Nelwan mengatakan, pihaknya tengah melakukan investigasi lebih lanjut atas permasalahan yang dialami Nayla. 

Tentunya, investigasi itu dilakukan dengan berbagai mitra termasuk pihak jasa pengirim barang dalam hal ini JNE.

"Tokopedia terus berkoordinasi dengan berbagai mitra strategis termasuk mitra logistik untuk melakukan investigasi," ujar Aditia saat dihubungi Tribunnews, Rabu (13/9/2023).

Adita juga bilang, Tokopedia terus melakukan komunikasi dengan pembeli terkait agar transparan.

"Kami pun akan terus berkomunikasi secara transparan dengan pembeli perihal proses maupun hasil investigasi," tuturnya.

Lalu seperti apa kronologi masalah yang dialami Nayla?

Menurut Nayla, paket handphone yang dibelinya seharga Rp 11 juta itu dikirim pada tanggal (28/7) lalu.

Kemudian paket tersebut sampai di tempat penitipan paket esok harinya atau 29 Juli 2023.

"Saya baru ambil paketnya 1 hari kemudian tanggal 30 Juli 2023" tutur Nayla di akun X (Twitter) @Nayla_sa11, Rabu (13/9/2023).

"Paket saya unboxing pada malam harinya dan ternyata isi paket adalah "Batu" dan kondisi paket tidak rapi seperti repacking" imbuhnya. 

"Saat itu juga saya langsung komplain ke @tokopedia," kata Nayla.

Nayla juga mengirimkan komplain kepada toko yang menjual handphone itu di Tokopedia dan sempat mendapat tanggapan dari toko tersebut.

Sayangnya, penjual enggan memberi bukti video atau foto paket handphone yang dikirim ke Nayla.

"Penjual baru mengirimkan bukti video packing 1 hari kemudian di tanggal 31 Juli 2023. Namun pada bukti video packing penjual tidak tertempel resi @tokopedia dan video seperti terputus," ungkapnya.

Nayla mengaku komplain yang dia sampaikan kepada Tokopedia berjalan sangat lamban.

Untuk itu, Nayla turut menindaklanjuti komplain tersebut kepada pengirim jasa paketnya.

"Tanggal 25 Agustus saya follow up ke @JNECare mengenai kendala saya di @tokopedia dan CS @JNECare infokan kalau mereka belum mendapatkan lampiran video packing penjual dari @TokopediaCare" lanjut Nayla.

"3 minggu lebih berlalu tapi koordinasi antara @TokopediaCare dengan @JNECare sangat lambat," tuturnya.

Hingga Senin (11/9) kemarin, Nayla bilang @TokopediaCare kembali memberi informasi kalau proses klaim saya kembali ditolak oleh pihak pengirim jasa.

Tokopedia menyampaikan alasan penolakan itu didasari tidak ada indikasi repacking barang, tidak ada kerusakan pada barang dan packingan dalam kondisi bagus.

Kemudian, terdapat jeda pada proses unboxing.

"Sehingga kendala akan ditutup dengan solusi penerusan dana ke Penjual dan apabila tidak ada konfirmasi. Maka komplain akan ditutup pada 12 September 2023 pukul 14:30 WIB," ungkap Nayla.

Kesal dengan masalah yang dialaminya, Nayla pun menulis caption menohok di lama X (Twitter-nya). 

'Bali hp yang diterima batu. @TokopediaCare menolak proses klaim dengan alasan tak masuk akal. Saya terancam kehilangan uang Rp 11 juta,' tulis Nayla dikutip Rabu (13/9/2023).

Cek Resi Tokopedia dan Lacak Paket

Bagi pengguna yang masih awam dengan e-commerce, Tokopedia punya fitur Cek Resi Tokopedia. 

Cek Resi Tokopedia adalah cara untuk melacak paket atau kiriman agar pembeli bisa tahu dimana posisi paket (barang) secara realtime.

Setiap perkembangan posisi paket akan diperbarui oleh sistem Cek Resi Tokopedia sehingga dapat mengetahui kondisi dan letak paket tersebut. .

Di samping mengakses aplikasi Tokopedia, pengguna juga bisa memanfaatkan situs resmi jasa ekspedisi untuk melacak pesanan.

Caranya cukup mudah dan simpel:

1. Akses situs resmi jasa ekspedisi yang digunakan untuk pengiriman.

2. Copy paste no.resi dari aplikasi Tokopedia ke situs tersebut.

3. Pilih menu Lacak / Tracking yang tersedia.

Cek Resi Kurir Rekomendasi

Mungkin banyak yang belum tahu kalau ada jasa kurir yang direkomendasikan oleh Tokopedia.

Kurir rekomendasi adalah layanan pengiriman reguler yang menjadi mitra khusus dan dipantau langsung oleh Tokopedia.

Beberapa rekanan kurir yang direkomendasikan Tokopedia adalah SiCepat, Anteraja, JNE dan Lion Parcel.

Berikut cara memeriksa tanda terima logistik khusus:

1. Salin nomor resi dari aplikasi Tokopedia.

2. Kunjungi laman https://www.tokopedia.com/kurir-rekomendasi.

3. Tempel resi pengiriman ke kolom Nomor Resi (maksimal 10 nomor resi).

4. Klik Lacak.

5. Sistem Tokopedia akan menampilkan detail pengiriman secara otomatis.

Alternatif lain di samping menggunakan link, silahkan cek di situs resmi SiCepat, Anteraja, JNE dan Lion Parcel.













SUMBER : https://suryamalang.tribunnews.com/2023/09/14/kronologi-customer-tokopedia-beli-iphone-13-isinya-batu-komplain-ditolak-uang-11-juta-terancam-raib?page=4


Kronologi Customer Tokopedia Beli iPhone 13 Isinya Batu, Komplain Ditolak Uang 11 Juta Terancam Raib Kronologi Customer Tokopedia Beli iPhone 13 Isinya Batu, Komplain Ditolak Uang 11 Juta Terancam Raib Reviewed by WONGPASAR GROSIR MALANG on 09.31 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.